Tradisi Saprahan Khas Kalbar


         


greatedu.co.id 


          Beragam tradisi di Indonesia tidak ada habisnya, kali ini datang dari pulau Kalimantan. Kalimantan timur, tengah barat mempunyai beberapa tradisi yang masih dilakukan hingga saat ini. Salah satunya adalah Kalimantan barat dengan tradisi saprahan. Tradisi saprahan ialah tradisi makan khas Kalimantan Barat. Kata saprahan sendiri berasal dari kata “Saprah” yang berarti berhampar yaitu budaya makan bersama dengan cara duduk lesehan di atas lantai. Tradisi ini memiliki makna duduk sama rendah berdiri sama tinggi.
               Tradisi saprahan pun memiliki filosofi yang kental yang bermakna pentingnya kebersamaan, keramahtamahan, sosial, persaudaraan dan kesetiakawanan. Tradisi ini sudah ada sejak jaman kesultanan Pontianak yang hingga saat ini masih dilakukan secara turun menurun dan menjadi tradisi melayu.  Tradisi ini menyimbolkan sebuah kebersamaan masyarakat.
          Hidangan yang dihadirkan di saprahan pun sama alias tidak membeda-bedakan walaupun masyarakat biasa, pimpinan, atau pemuka-pemuka.  Etika saprahan pun diutamakan yaitu makan dengan teratur , beradat dan sopan. Satu saprah berisi hidangan lauk pauk yang disajikan di baki atau hamparan kain yang bisa disantap bersama-sama sejumlah enam orang. tradisi ini juga diadakan ketika acara-acara tradisional digelar maupun sebuah festival yang diselenggarakan oleh pemerintah Pontianak.  Tradisi ini mencerminkan bagaimana umat yang sangat beragam dan rukun akan bersamaan. Tentang Kalimantan.



Sumber : goodnewsfromindonesia.id

Komentar