Upacara Adat Reba, Sebagai Ucapan Rasa Terima Kasih Pada Leluhur

traveltodayindonesia.com 



       Nusa Tenggara Timur tak hanya populer dengan tenun ataupun obyek wisata pulau komodonya. Daerah ini pun memiliki upacara adat bernama Reba. Upacara adat khas Nusa Tenggara Timur ini merupakan upacara adat yang diselenggarakan dengan tujuan untuk melakukan sebuah penghormatan dan ucapan rasa terima kasih terhadap jasa-jasa para leluhur.
                Upacara ini diadakan ketika tahun baru sekitar bulan Januari atau Februari dnegan maksud untuk mengevaluasi kehidupan sebelumnya dan berharap akan diberikan kebaikan di tahun berikutnya. Biasanya masyarakat akan meminta petunjuk kepada tokoh agama atau tokoh adat setempat. Upacara ini dilaksanakan tiga sampai empat hari. Sebelum upacara tari-tarian dan nyanyian diadakan inkulturasi di gereja-gereja dipimpin room.  Tuan rumah pelaksanaan upacara Reba akan bergantian tiap tahunnya.
                Selama upacara ini berlangsung dengan makan dan minum bersama. Kemudian mulailah upacara ini dengan diiringi tari-tarian dan nyanyian diiringi alat musik.  Upacara ini memang mengkombinasikan unsure budaya dan agama.  Upacara adat Reba tidak hanya bernuansa hura-hura tapi wujud kegembiraan masyarakat dengan tetap bernuansa rohani.

Sumber: wisatanusatenggara.wordpress.com

Komentar