Tiga Hal Ciri Khas Suku Dayak

pinterest
Sebagaimana kita tahu bahwa Indonesia adalah Negara yang terdiri banyak pulau yang menimbukan beragamnya budaya dan tradisi di Indonesia  Tentunya, banyak pulau dan daerah ini pun yang pasti memiliki suku asli atau masyarakat asli yang mendiami suatu pulau maupun daerah tertentu. Walaupun jaman sudah masuk modern, ciri khas dan tradisi suku-suku tertentu masih sangat dijaga dan tetap ada.Contoh salah satu ciri khas Suku Dayak. Suku Dayak sendiri ialah Suku asli dan terbesar yang berada di Kalimantan Tengah. Sebenarnya, suku dayak memiliki beberapa pembagian Etnis kembali. Seperti Suku Dayak Ngaju, Dayak Siang, Dayak dan Dayak Katingan.  Kali ini artikel ini membahas tentang ciri khas tentang Suku Dayak secara umum.
                Sumpit Beracun, semua daerah pasti mempunyai senjata khas tradisional asal daerahnya. Begitu pula dengan Suku Dayak. Suku Dayak memiliki senjata khas nya yaitu sumpit beracun. Senjata yang digunakan dengan cara meniup dan memiliki panjang satu sampai tiga meter ini memiliki anak sumpit yang beracun. Racun yang dilumuri di anak sumpit pun terdiri dari getah daun-daun tumbuhan yang beracun. Sumpit ini biasanya digunakan berburu hewan maupun saat dulu digunakan sebagai senjata perlawanan penjajahan Belanda di tanah Dayak.
                Tato, Suku Dayak memiliki ciri khas yang unik yaitu sebuah gambaran di tubuh atau tato yang biasa mereka buat. Tak seperti tato biasa, tato Suku Dayak memiliki hubungan khusus dengan beberapa kejadian maupun tujuan yang sudah menjadi budaya Suku Dayak. Tato Suku Dayak tak hanya dilakukan oleh laki-laki tapi juga perempuan. Ada beberapa tujuan pembuatan tato tersebut beberapa di antaranya ialah penanda bahwa sebagai suku dayak asli dan sebagai penangkal roh jahat.
                Tiwah, Suku Dayak memiliki tradisi yang unik. Tiwah, tiwah adalah salah satu upacara adat ritual kematian yang bertujuan untuk mengantarkan roh Suku Dayak menuju Surga dengan cara menyucikan jiwa dan jasadnya. Ritual ini biasanya dilakukan oleh Suku Dayak yang masih menganut agama Kaharingan. Agama dari Suku leluhur Dayak.
                Nah itulah beberapa ciri khas Suku Dayak. Beberapa di antaranya pasti sudah populer di antara masyarakat luas. Selain di atas, masih banyak lagi ciri khas dari Suku Dayak lainnya. Indonesia beragam dengan tradisi ini seharusnya tetap dijaga dan dilestarikan.

Sumber :
Boombastis.com , getborneo.com
Wikipedia.org, phinemo.com



Komentar