Saipatin dan Pepadun Pakaian Adat Khas Lampung


cindriyanto.com 


       Tiap daerah pasti memiliki baju adat khas dan dengan nama sesuai daerah masing-masing. Seperti provinsi Lampung yang mempunyai baju adat bernama Saipatin dan Pepadun.  Perbedaan pakaian adat Saioatin dan Pepadun terletak pada warna pakaian. Saibatin didominasi dengan warna merah dan Pepadun didominasi warna putih.
            Pakaian adat Lampung Saibatin dan Pepadun biasanya digunakan saat pernikahan. Pengantin pria mengenakan lebih sederhana dibanding pengantin wanita. Pakaian adat Lampung pria berupa lengan panjang berwarna putih, celana  panjang hitam, sarung tumpal sesapyran dan khika akhir. Pakaian ini dilengkapi dengan macam-macam aksesoris pernik perhiasan. Ada delapan perhiasan yang biasanya dikenakan oleh pengantin laki-laki yaitu kalung papan jajar, kalung buah jukum, selempeng pinang, ikat pinggang, gelang burung, gelang kano, dan gelang bibit.
            Sedangkan pakaian adat Lampung wanita tak jauh beda dengan pria yaitu memiliki sarung tapis, sesapuran hingga khikhat akhir yang membedakan adalaha tambahan pakaian dan aksesoris pada wanita yang menambah nilai eksotis. Beberapa aksesoris yaitu selappai, katu tapi dewa sano dan bebe.  Ada beberapa aksesoris yang dikenakan wanita yaitu siger, seraja bulan, subang, perhiasan dada dan leher, perhiasan pinggang dan lengan.
            Nah setiap daerah tentunya memiliki beragam pakaian adat yang menyimbolkan ataupun memiliki makna sendiri-sendiri. Salah satunya adalah provinsi Lampung.


.


Komentar