Momondho, Adat Pra Pernikahan Khas Gorontalo



pinterest


Sebagaimana kita tahu bahwa beragam adat istiadat nusantara begitu banyaknya. Bahkan prosesi pernikahan di berbagai daerah pun beragam bentuk adat dan upacaranya. Salah satu adat pernikahan di Gorontalo. Kota yang terletak di Pulau Sulawesi ini menyimpan berbagai khas kebudayaan dan adat salah satunya mengenai adat pernikahannya.
            Adat pernikahannya dinamakan upacara momondho. Momondho ialah adat pra pernikahan khas gorontalo dimana kedua calon pengantin akan dibekali dengan nasihat-nasihat mengenai kehidupan berumah tangga. Pembekalan nasihat-nasihat ini bertujuan guna kedua calon mempelai agar siap berkehidupan rumah tangga. Momondho, akan diadakan empat puluh hari sebelum hari H.
            Pada adat momondho ini, calon mempelai wanita akan diberlakukan secara khusus. Seperti perawatan tubuh dengan lulur alami yang dibuat dari rendaman beras dan kulit batang pohon mangga yang dipercaya agar tubuh menjadi halus dan kenyal serta lebih cantik saat menjelang pernikahan.
            Perawatan tubuh berupa diet pun dilakukan oleh calon mempelai wanita. Berbagai macam makanan gorengan dan pedas tak boleh disantap menjelang hari pernikahan.
            Calon mempelai wanita pun akan dilakukan sebuah pingitan. Ia tidak diperkenankan untuk keluar rumah karena polusi, debu dan hiruk pikuk kesibukan akan mempengaruhi kecantikan setelah perawatan tersebut.
            Meski terkesan mengekang, adat istiadat acara pra pernikahan ini guna  memberikan manfaat bagi mereka agak menjadi pengantin yang baik dan cantik ketika di hari pernikahan. Tengok juga ciri khas suku dayak .




Sumber : mahligai.com
           

Komentar