Upacara Adat Kematian Rambu Solo’ Khas Toraja


          
wego.co.id


               Indonesia memiliki beragam upacara adat kematian. Salah satunya Rambu Solo’. Rambu Solo’ adalah upacara adat yang dilaksanakan sebagai pengantar seorang yang telah meninggal duni menuju alam keabadia dan bergabung dengan leluhur yang mendahului mereka.  Upacara ini biasanya dilakukan setiap tahun  dan dilaksanakan pada bulan Julia atau Agustus.
                Upacara Rambu Solo’ terkenal dengan menghabiskan biaya yang sangat tinggi hingga miliaran rupiah.  Upacara inu merupakan rangkaian upacara yang termasuk wajib. Di Tana Toraja seorang yang meninggal dunia akan mendapatkan kesempurnaan jika belum dimakamkan secara Rambu Solo’.  Sehingga sebelum acara ini berlangsung, jasad akan diberi kain kafan dan disimpan di rumah. Karena mahalnya biata ritual tersebut maka cepat atau lambatnya upacara berlangsung tergantung dari kondisi keluarga masing-masing.
                Upacara ini membutuhkan korban berupa kerbau. Kerbau yang digunakan dalam ritual ini pun tak sembarang yaitu berjenis kerbau bule yang dapat diperkirakan harganya mencapai satu milliar maka dari itu upacara ini terbilang cukup mahal.  Biasanya keluarga menengah mengkurbankan kerbau hingga 10 tetapi jika bangsawan kerbau yang dikorbankan sampai ratusan. Upacara ini biasanya sangat menarik hingga mengundang banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.



Sumber: bombastis.com

Komentar