5 Warisan Budaya Tak Benda Di Indonesia

genpi.co 
Apa sih yang dimaksud warisan budaya tak benda? Warisan budaya tak benda adalah keseluruhan peninggalan kebudayaan yang memiliki nilai penting sejarah, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan/atau seni. Warisan budaya pun dimiliki bersama oleh suatu komunitas atau masyarakat dan mengalami perkembangan dari generasi ke generasi, dalam alur suatu tradisi.
Lantas apa saja yang termasuk warisan budaya tak benda? Warisan budaya tak benda adalah yang termasuk seperti bahasa, musik, tari, upacara, serta berbagai perilaku terstruktur lain.  Sifatnya pun dapat berlalu dan hilang dalam waktu seiring perkembangan zaman.
Berikut yang termasuk 5 warisan budaya tak benda di Indonesia:

1.     Tari Saman

Tari saman pada tahun 2011 masuk kedalam salah satu warisan budaya tak benda di Indonesia. Tari Saman masuk  dalam kategori sebagai List of Intangible Cultural Heritage in Need of Urgent Safeguard.  Tari saman sendiri dimainkan oleh beberapa orang dengan diiringi syair. Gerakan yang dibuat kebanyakan menggunakan tepuk dan berirama cepat.


2.      Batik Indonesia
Pada tahun 2009 Batik masuk ke dalam kategori sebagai Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity dan Education and training in Indonesian Batik intangible cultural heritage for elementary, junior, senior, vocational school and polytechnic students, in collaboration with the Batik museum in Pekalongan masuk dalam kategori Best Safeguarding Practices. Batik ialah  kain bergambat yang pembuatannya dilakukan dengan cara metode khusus dan unik yaitu menuliskan atau menggambar pola di atas kain dengan menggunakan malam dan alat bernama  canting. Seiring perkembangan zaman, kain batik sudah banyak dimodifikasi menjadi pakaian maupun busana-busana yang indah.

3.      Noken
        Noken merupakan tas multifungsi yang dibuat dengan cara dirajut atau dianyam. Noken merupakan tas kerajinan asal masyarakat Papua.  Noken di tahun 2012 masuk dalam warisan budaya tak benda kategori List of Intangible Cultural Heritage in Need of Urgent Safeguard.

4.      Angklung
        Angklung pada tahun 2010 masuk dalam warisan budaya tak benda asal Indonesia yang masuk dalam kategori sebagai Representative  List of the Intangible Cultural heritage of Humanity. Angklung merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu.

5.      Keris
Pada tahun 2005 keris masuk sebagai kategori a masterpiece of the oral and intangible heritage of humanity dan pada tahun 2008 masuk dalam kategori representative list of the intangible cultural heritage of humanity.  Keris adalah senjata tikam golongan belati. Mempunyai fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah.

Masih banyak beberapa warisan budaya tak benda yang berada di Indonesia.  Beberapa telah diringkas dalam artikel ini. Yuk, lestarikan budaya dan kearifan lokal Indonesia.

Sumber: gln.kemdikbud.go.id, Wikipedia.org 

Komentar