Tari Dero Khas Sulawesi Tengah

koran sulteng 


             Tari Dero merupakan sebuah tarian yang dilakukan lebih dari satu orang dan bersama-sama. Tari Dero melambangkan suka cita dan kebahagiaan serta bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Tarian Madero atau biasa dikenal tari Dero berasal dari Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Merupakan sebuah tradisi kah masyarakat Suku Pamona.
            Sejarah tarian ini merupakan tarian yang berasal dari Suku Pamina. Tarian ini biasanya diselenggarakan atau dipentaskan ketika terdapat acar seperti pesta adat, upacara adat, pesta panen raya, sebuah ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan masyarakat kepada sang pencipta atas semua hal yang telah tuhan berikan. Tari Dero juga merupakan sebagai wujud kerukunan dan sebagai kesempatan untuk mencari pasangan hidup. Tarian Dero tak mengenal kasta jadi siapapun dapat memainkannya juga sebagai lembang pemersatu masyarakat.
            Alat musik yang digunakan dalam tarian ini ialah alat musik tradisional yang bernama Nggongi dan Ganda. Nggongi adalah sebuah gong dan ganda ialah sebuah gendang diiringii dengan vokal tari Dero yang melantunkan sebuah syair dan pantun. Gerakan Modero sendiri ialah gerakan tarian dengan ritme maju mundur sambil bergandengan tangan.
            Saat ini tradisi menari Dero masih terus dilakukan oleh masyarakat Sulawesi Tengah. Kesenian tradisional seperti inilah yang harusnya tetap harus dilaksanakan demi menjaga kelestariannya. Tarian lain ada disini.


Sumber ; Wikipedia.org 

Komentar