Kololi Kie Sebuah Tradisi Sakral Dari Maluku


            
pinterest 

                Maluku utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia. beribukota di Ternate masyarakatnya memiliki beragam tradisi, salah satunya tradisi yang cukup sakral yaitu Kololi Kie. Lokasi Maluku Utara yang terletak di kaki gunung Gamalama ini melatarbelakangi tradisi ini terjadi. Kololi Kie merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat Ternate dan Tidore dalam waktu-waktu tertentu. Kololi Kie memiliki arti mengelilingi gunung.
                Hal yang melatarbelakangi masyarakat mengadakan tradisi ini ialah karena gunung Gamalama yang masih aktif dan sering memuntahkan laharnya sehingga sering terjadi bencana yang cukup besar. Masyarakat pun berinisiatif menggelar prosesi adat sebagai bentuk ‘menenangkan’ gunung tersebut.
                Ritual ini sudah dilakukan masyarakat Ternate dan Tidore sejak ratusan tahun lalu. Upacara ini dianggap satu paket dengan ritual bernama ‘Fere Kie’ yaitu ritual naik gunung Gamalama dan berziarah. Walaupun tradisi ini bersifat ritual tapi sebenarnya tak pernah membentur antar agama. Tradisi ini selalu berlangsung dengan damai karena masyarakat menganggap ini sebagai kegiatan adat yang perlu dijaga dan dilaksanakan agar tak tergerus oleh gesekan jaman terutama bagi penerus bangsa yang tak akan lupa dengan kearifan lokal daerah sendiri.


Sumber : Wikipedia.org, phinemo.com

Komentar