Tari Sekapur Sirih, Tari Penyambutan Dari Jambi

grid.id


Tari Sekapur Sirih merupakan tari tradisional dari Jambi. Tarian ini merupakan tari yang cukup terkenal di daerah Jambi biasanya sebagai tari penyambutan untuk menyambut tamu terhormat yang berkunjung di daerah Jambi.  Awal mula tercipta tari ini ialah diciptakan oleh salah satu seniman yang cukup terkenal di Jambi bernama Firdaus Chatap pada tahun 1962. Kemudian tarian ini meluas ke seluruh masyarakat Jambi.
            Tari Sekapur Sirih berfungsi sebagai tarian selamat datang untuk menyambut para tamu-tamu yang terhormat sehingga tarian ini bermakna bahwa terdapat sikap keterbukaan masyarakat dalam menyambut tamu yang datang ke daerah Jambi. Tak hanya sebagai sikap keterbukaan, tarian ini juga bermakna sebagai rasa syukut dan kebahagiaan masyarakat dalam penyambutan tamu tersebut.
            Tarian ini dibawakan oleh 9 penari wanita dan 3 penari pria. Para penari pria berfungsi untuk pembawa payung dan pengawal sedangkan wanita sebagai penari utamanya.  Tarian ini diiringi oleh alunan musik gambus, rebana, biola, gendang, gong dan kordeon. Kostum yang dikenakan para penari ini biasanya pakaian tradisional yang terdiri dari baju kurung dan kain songket khas Jambi. Bagian kepala diberikan sanggul lipat pandan dan untuk aksesoris terdiri dari gelang dan selendang.  Perkembangan tari Sekapur Sirih saat ini masih terus dilestarikan dan dikembangkan dengan berbagai variasi yang ada sehingga lebih menarik.

Sumber: negerikuindonesia.com

Komentar