Pentas Wayang Jemblung Sebagai Selametan Bayi

metrum.co.id


            Jenis wayang ini berasal dari Banyumas dan Bagelan. Dalam trades, wayang jemblung dimainkan untuk acara selametan bayi yang baru berumur 5 hari. Perkembangan wayang jemblung kini meluas hingga Kediri dan Blitar. Wayang Jemblung dipentaskan oleh lima orang yang bertindak sebagai dalang sekaligus sebagai wayang, pemusik, dan sindhen.
            Dalam sejarahnya wayang jemblung dipentaskan guna untuk selametan sang bayi yang baru saja lahit. Tujuannya ialah menajga keselamatan ibu dan bayi dari hal-hal gaib. Acara yang diadakan ini bernama Nguyen atau Muyi yang berarti bertemu bayi.  Acara ini diiringi dengan pembacaan  tembang macapat. Selain tembang macapat juga menampilkan cerita-cerita babad. Ciri khas wayang jemblung adalah tanpa wayang dan iringan gamelan.
            Penikmat seni wayang ini biasanya datang dari kalangan menengan ke bawah. Dalang wayang  jemblung pun dalam pementasannya menyampaikan pesan-pesan seperti nilai moral, etika, budi luhur dan sopan santun.
            Tak hanya Kediri dan Blitar persebaran wayang  jemblung tapi juga daerrah Ponorogo. Di daerah Ponorogo wayang jemblung dimodifikasi dengan seni reog.  Tak lain dan tak bukan tujuan utamanya adalah untuk menarik penonton. Walaupun telah dimodifikasi, tapi wayang jemblung tidak mengubah struktut wayang jemblung sendiri.

Sumber: Wikipedia.org


Komentar