Gedung Kesenian Jakarta

pinterest 
                     Sebagai penikmat seni tentunya, salah satu kegiataannya biasanya mengahdiri beberapa acara kesenian di berbagai tempat. Salah satu tempat itu pun kadang sudah memiliki sejarah yang panjang dan cukup bernilai. Salah satunya gedung kesenian Jakarta.
            Gedung kesenian Jakarta merupakan bangunan yang terbilang sudah cukup tua dan bersejarahs sejak pemerintahan Belanda. Gedung ini terletak pada Jalan Gedung Kesenian No. 1 Jakarta Pusat. Fungsi gedung ini tak lain dan tak bukan ialah tempat para seniman dari seluruh Nusantara mempamerkan hasil kreasi nya seperti teater, film, drama, sastra dan sebagainya.
            Sejarah bangunan ini dibangun pada tahun 1821 yang dulu gedung ini disebut gedung komedi. Berawal dari munculnya idi dari Gubernur Jenderal Belanda, Dandels. Gedung ini dibentuk dengan gaya empire oleh arsitek para perwira Jeni VOC.  Beberapa di tahun-tahun sebelumnya, gedung ini sempat beralih fungsi dari yaitu sempat menjadi Fakultas Ekonomi  dan Hukum serta sempat menjadi Akademi teater Nasional Indonesia, sempat juga dipakai menjadi bioskop ‘Diana’ dan akhirnya pada tahun 1984  fungsinya kembali sebagai Gedung Kesenian.
            Gedung kesenian Jakarta juga sebelumnya dikenal sebagai Gedung Kesenian Pasar Baru dan Gedung Komidi.  Kegiatan utama  pada gedungini ialah melaksanakan kerja sama dengan Negara dan pusat kebudayaan asing. , mengadakan kerja sama dengan lembaga, organisasi, dan grup kesenian tradisional, menyelenggarakan festival seni pertunjukkan, dan membuat dokumentasi audio visual. Baca juga kebudayaan.


Sumber: Wikipedia.org 

Komentar